Kamis, 12 April 2012

"sesuatu (man jadda wajada) iseng-iseng berhadiah"


Untuk kedua kalinya aku berdiri dipanggung. Melihat semua orang, mata yang tertuju pada kami. Ngapain? Lagi aksi?... -_-!!! Bukan atu ihhh tampang unyu-unyu gini mana pantes aksiaksianan hahaha #abaikan. lagi ikut lomba vocal group nih.
      Pojok kiri dihadapan kami beberapa teman memberikan support “SEMANGAT” mengepalkan tangan penuh energy yang membara #weeiissss. Terharu, senang, tapi berasa ada beban, namun itu pula yang membuatku dan kawanku menjadi termotivasi untuk memberikan yang terbaik, setidaknya tidak memalukanlah dihadapan mereka. Meluangkan waktu, sampe-sampe bolos kuliah untuk menyemangati kami, gomawo semua.
      iseng sih pas kali pertama daftar. Tiga hari menuju hari H, disitulah kami mulai kelimpungan. “serius nih mau ikut?”. Aku ga begitu yakin dengan lomba ini. Keadaan ku yang susah sekali untuk menghafal, apalagi ini soal lagu wajib yang berbahasa perancis, karna memang acara La Semaine Francaise (LSF) diadakan oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Perancis Universitas Pendidikan Indonesia. Tiga hari harus hafal?, wahhhh bagi aku sih agak berat yaaa. Tapi mba Resti selalu ngasih arahan “gini nih bacanya de… ca..ca ulang lagi yooo?!”, dan mba Resti pula yang ngasih arahan ke kawanku mba Ayu dan mba Uyay. Dia yang begitu semangat ikut acara ini.
      Sempat niat juga sih buat mundur dari acara ini. Pertama, kami ga begitu mahir ngearansemen silagu, bahkan aku ga ada banyangan sekali nih lagu harus digimanain. Mana diantara kami tuh ga ada yang bisa alat musik. Pembagian suaranya yang pas gimana pula?. Siapa yang mau jadi pengiring kami?. Banyak lah kendalanya. Wahhh sungguh galau. Eits… eits…eits… untung kami punya kenalan yang bisa diajak kerjasama “Bang Rangga Fauzan” dia bagai pahlawan bagi kami hahaha kebayang pilemnya shincan yang ada si pahlawan bertopengnya. #abaikan. Tapi sebenernya Bang Rangga pun ikut lomba vocal group dia acara LSF ini bersama temannya. Wahhh jujur semakin down, saingannya berat euy. Udahlah berasa ga ada harapan buat menang. Lagi-lagi mba Resti ngasih masukan “cari pengalamannya saja, soal menang ato kalah ma belakangan asal kita udah ngasih yang terbaik, dan jangan malu-maluin OK?”. Yowislah kalo mba Resti uda ngomong gitu ada benernya juga. Keinget novelnya A.Fuadi N5M “man jadda wajada” sepertinya boleh juga, untuk motivasi yang baru.
      Latihan pertama ama bang Rangga, empat jam yang langsung bisa ngearansemen dua lagu (lagu wajib Ben l’oncle Soulman dan lagu pilihannya Zamrud Khatulistiwa-Chrisye) ihhh waw, angkat jempol lah. Empat jam itu bener-bener digeder latihan bersama bang Rangga, latihan yang enjoy banget. Latihan kedua, tanpa bang Rangga dan music, hanya rekaman hari pertama bersama bang Rangga menjadi panduannya dan hanya latihan tiga jam setengah tapi lumayanlah. Latihan ketiga yaitu H-1 lagi, kita latihan bareng bang Rangga sekitar dua puluh menit kurang. Sisa waktunya latihan masing-masing dengan membagi waktu untuk tugas kuliah yang lain.
       Menghafal dimanapun kapanpun #wihhhhh sampe sikertas lirik lagu lecek ga karuan. Al’hasil aku bisa menghafal lirik lagu prancis itu “yehhhhh!!!” ya emang sih ada lirik yang kebelibet juga sih haha. Tapi berasa bangga gitu ya akunya, bisa ngafal lirik lagu tiga hari wahhhhh bahasa prancis pula hhihi.
***
Hari H tiba. Tim sukses #gayanya mba Syifa ngebela-belain datang nyubuh-nyubuh buat ngebantu kita. Pas waktunya daftar ulang nih… nah loh tegangnya ajegile. Liat muka mba Uyay ama mba Ayu aduhay berasa ga berbentuk #ups maksudnya saking tegangnya mukanya ga kaya biasanya. Muka yang biasa, nyantai tuh ya mba Resti. “aduh mba Res… ko bisa sih nyantai kayak gitu?”. Mba Syifa tim sukses kami, dan kawan yang lain mba Mer, mba Windri, Teh Arin, ama mba Farah mereka support kami. Ga terlalu dagdigdug karna support dari mereka.
Pas tibanya urutan no 5 yaaak bang Rangga dan kawan-kawan yang tampil. Huuuuhh setelah mereka tampil ya giliran kami no urut 6, dan tibalah waktunya. Setelah Bang Rangga tampil, dia juga langsung ngiringin lagu yang kami bawakan. Hemmm inget masa silam, untuk kedua kalinya aku naik panggung lagi.
Pertama memasuki panggung tepukan tangan meriah. Kembali tegang jreng… saat intro pertama diayunkan. Mulai menyayi. Sedikit melirik pojok kiri hadapan kami, kawan kami, tim sukses kami melihat acungan dua jempol mereka saat melantunkan lagu yang kami bawa. Disitulah ketegangan berasa sirna, jadi enjoy, rileks, karna meraka. Lagu pertama ya lagu wajib dibawakan lumayan lah, sebenarnya ada yang aku lupa liriknya dan mba Resti pun sama, namun kita saling menambal silirik yang bolong tuh hhe. Untuk lagu kedua pun lumayan lah. Kesimpulannya penampilan kami tidak memalukan hihi. Selesai membawakan lagu, tepuk tangan pun kembali menguak. Lega.
***
Selang satu hari perlombaan, pengumuman pemenangnya pun dikoarkan. Sebenernya ada kuliah, Cuma maksa buat tau menang engganya. Mba Resti, mba Syifa, ama mba Ayu, satu jam lebih mereka nunggu pengumumannya. Eh ternyata pengumumannya sekitar setengah empattan. Akunya sih nunggu dikelas, uhhh jantungnya berasa lemes hhaha.
Dateng-dateng senyum-senyum. Curiga nih, ada apa nih. “Gimana menang ga mba?”. Jawabanya malah ketawa’lah. “hemmm, serius nih!, menang ga?” penasaran. “ye liat aja muka kita (ekspresinya), gimana?”, bener-bener bikin penasaranlah ini orang “lagi senang… berarti menang dong? tapi ko pialanya ga ada, ayoooo’lah mba gimana manang ga?”. Lagi-lagi mereka tertawa sampe terbahak-bahak ngetawain aku. “aduh de, pengumumannya tuh nanti jam empat sore, hahaha!”. “hah?, bilang ke dari tadi!, ngetawain lagi… huh!!!”. Kuliah berlangsung pun, padahal lagi presentasi ga konsen nunggu jam empat.
Jam empat kami ke gedung ampliteater. Saat kuliah berlangsung ternyata ada yang ngasih info lewat sms dari panitia LSF “selamat ya teman-teman PGPAUD, kalian menang juara tiga dalam lomba vocal group”. Seneng banget, tapi ga seru banget pengumumannya lewat sms, asa ga kejutan gitu ya. Yahhh ga apalah. Kami juara tiga ga nyangka, kaliamat “man jadda wajada” memang kalimat motivasi yang mutakhir. Dan bang Rangga dan kawan-kawan juara satu, udah ketebak.
“Terimakasih buat Allahku alhamdullilah… mamah-mamah yang mengiringi dengan do’a kami… mba resti, mba ayu, mba uyay makasih kerjasamanya… mba syifa tim yang benar-benar membantu kami… mba merry, mba windri, mba farah, the arin ama teman semuanya yang support kami… dan bang Rangga yang uda mau ngeluangin waktunya buat bantu kami tengkyuuuuuu bang… dan acara LSF ini. Makasih seeeee’muaaaaanyaaaaa :* gomawo”.

       
       

2 komentar: