Senin, 08 Juli 2013

"Menggantung Kabar untuk Mama"


Kali ini berasa ga betah dikampus. Siang itu aku ingin cepat-cepat pulang kerumah. Ingin memutar waktu, menyampaikan kabar gembira pada Mama. Tak sabar.

Bagaimana tidak. Perasaanku sedang bahagia, bahagia sekali. Ya! Aku yakin pasti kabar ini bakal buat Mama ikut seneng sekaligus bangga.

Hemmmm... bagaimana menyampaikannya ya. Mengoceh dalam hati ini mengatur tutur yang ingin disampaikan dalam benak ini. Ma... aku dapet Beasiswa! Aku juga lolos seleksi dikomunitas penulis muda.

***
Setiba dirumah. Sore itu...
Hanya ada Baba. Aku lihat disemua penjuru rumah. Mama belum pulang. Ah ga sabar nyampein kabar ini ke Mama. Maa... cepet pulang, aku punya kabar gembira buat Mama... tapi, Baba ngasih kabar kalo Mama hari itu ga pulang kerumah, Mama nginep di rumah kaka. Ke dua kakaku, Teteh ama Aa lagi sakit. Jadi lagi ngurusin jagain mereka. Ujar Baba.

Taukah Ma? Aku tuh ingin sekali menyapaikan kabar ini, ga sabar... tapi Mamanya ga pulang. Ga sabar lihat muka seneng Mama, liat muka bangga Mama, merasakan usapan tanganmu juga. Tapi... ah yasudahlah masih ada hari esok. Besok pagi sebelum pergi ngampus, pokoknya aku harus nyampein kabar ini. Harus.

Pagi itu...
Aku bangun pagi sekali, langsung bersih-bersih rumah. Pikir aku, supaya Mama tiba dirumah ga sibuk beres-beres. Santai juga mendengarkan kabar dariku. Tapi... setibanya Mama dirumah, akunya malah canggung, kagok dengan kabar yang disampaikan Mama. Mama mendahului kabar, Teteh yang kudu dirawat di Rumah Sakit, bingung juga siapa yang jagain ngurusin Aa. Terlihat Mama yang sembab, aku bingung, apa aku tetap harus menyampaikan kabarku?

 “Mah... aku dapet Beasiswa sama lolos seleksi di komunitas penulis muda, yaa mudah-mudahan seleksi selanjutnya juga lolos, minta do’anya...”

Terlihat cahaya dimatanya, suatu kebanggan, dan kebahagian. Menyampaikan kabar ini, mungkin... setidaknya bakal mengobati Mama, semoga kabar yang aku sampaikan, sedikitnya bisa menenangkan perasaanmu Ma...

Aku sayang Mama... semoga aku masih mampu mempersembahkan isi waktu yang membuat Mama bahagia... Ijinkan aku ya Allah...


17 mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar